Masa Remaja dalam Nahjul Balaghah

Masa Remaja dalam Nahjul Balaghah

Prolog

Masa remaja adalah masa paling sensitif dan urgen dalam kehidupan manusia yang biasanya berlangsung antara usia 12 hingga 18 tahun. Dalam masa ini seorang bukan lagi anak kecil dan juga belum belum mencapai usia baligh sepenuhnya dan sedang melewati masa krisis kehidupan yang terkadang prilaku dan perbuatan kekanak-kanakannya menimbulkan gangguan orang-orang yang lebih besar dan terkadang prilaku rasionalnya mendatangkan applause dan keheranan mereka.

Anak remaja berada pada umur-umur yang tidak tahu apa yang harus diperbuat? Metode manakah yang harus dipilih dalam kehidupan? Sebagian orang yang lebih dewasa mengatakan kepadanya: Engkau masih kecil! Terkadang orang lain berkata kepadanya: Engkau sekarang telah dewasa, kenapa masih melakukan perbuatan kekanak-kanakan? Dia merasa kebingungan dalam perintah dan larangan, celaan dan kemarahan ini.

Tahap-tahap Perkembangan

Masa remmja dapat dibagi dalam tiga tahapan:

1- Masa sebelum baligh: Yang sampai masa tersebut seorang anak masih merasa sebagai anak-anak dan secara bertahap sifat-sifat baligh mulai tampak.

2- Masa baligh: Yang berada di antara masa kanak-kanak dan remaja. Tanda-tanda baligh muncul dalam masa ini dan terjadi perubahan seksualitas terbesar maka kedua orang tua dan para pendidik harus mencurahkan perhatian khusus dalam masa ini kepada anak remaja dan tidak sungkan-sungkan untuk memberikan arahan-arahan yang dibutuhkan olehnya serta membantunya dari sisi pemikiran. Karena kaum remaja membutuhkan petunjuk dan arahan para pendidik atau guru yang baik dan pemikir untuk perkembangan mental dan membangun diri dalam mempelajari bagaimana untuk hidup dan menemukan jati dirinya serta mencegah timbulnya perbuatan-perbuatan tidak lumrah yang terjadi dalam menghadapi kejadian-kejadian.

3- Masa pasca baligh: Yang dalam masa ini kepribadian anak remaja mulai terbentuk hingga batas tertentu dan pemilihan teman, pekerjaan, jurusan pelajaran dan… adalah sahabat terbaiknya dalam kehidupan.

Anak remaja dalam masa ini menghadapi beberapa perubahan yang di antaranya, perkembangan anggota tubuh dan badan tidak tepat yang terkadang tidak dapat menguasai anggota tubuhnya. Berenergi penuh, gaduh, kurang bersemangat, membangkang dan tidak dapat diam, menyukai penghormatan terhadap kepribadiannya dan menyambut arahan-arahan orang lain termasuk kriteria-kriteria lainnya.

Nahjul Balaghah adalah salah satu kitab terbaik yang terkenal dengan sebutan saudara al-Quran (akhul Qur’an). Kitab ini “sedemikian besar dan agung sehingga akal-akal manusia tidak dapat menjamahnya dengan mudah. Buktinya adalah kitab ini tetasan ruh agung seorang yang merupakan manifestasi nama teragung Allah swt, didikan Jibril, al-Qur’an natiq (al-Qur’an hidup), penafsir terbesar dan murid Nabi Islam saw”

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Untuk Di isi Komentarnya